A Trivial Pursuit ~101 fakta wajib untuk jadi seorang otaku~

Apa artinya menjadi seorang otaku? Apakah memiliki koleksi DVD anime terbesar? Membeli semua produk serial favoritmu, tanpa memikirkan danamu? Otaku sejati adalah orang yang dapat menggunakan pengetahuan animenya untuk tujuan yang paling mulia ~ membuat teman-teman mereka merasa bodoh. Orang yang mengetahui fakta mencengankan, angka-angka kecil yang sangat aneh~ yang tidak diketahui otaku fanatic lainnya.

Bila kau telah mengetahui beberapa dari fakta-fakta ini, kamu patut bangga atas dirimu sendiri~ kau telah berada di jalur menuju otaku sejati.

Let’s check it out!

1. BIG BROTHER

Kakak Astro Boy, Captain Atom, muncul setahun sebelum Tetsuwan Atom(Astro Boy), diciptaka manga-ka legendaris Osamu Tezuka, di mana manusia berjuang untuk hidup bersama alien. Saat Astro diperkenalkan di tahun 1952, Captain Atom muncul sebagai bagian kecil cerita Astro Boy.

2. EVANGELION LIGHT ORCHESTRA

Studio Gainax, pembuat anime top seperti Evangelion dan FLCL, menyukai band terkenal di tahun 70-an dan awal 80-an E.L.O. Sebelum Gainax dibentuk, para pendirinya menciptakan anime pendek di tahun 1983, tentang anak perempuan berbaju kelinci yang mengalahkan segerombolan bintang pop Amerika dan Jepang termasuk Godzilla, Darth Vader, dan alien dari Alien. Video itu menggunakan lagu “Twilight” karya E.L.O. dari album tahun 1981 mereka, Time.

3. HEAD GAMES

Walau banyak hal aneh dari rambut Bobobo-bo Bo-bobo, mungkin tidak ada yang lebih mencengangkan melihat Yami Yugi emnjadi bintang tamu di volume 9 manga Bo-bobo memanggilnyadalam pertarungan melawan Halekulani, manga-ka Yu-Gi Oh! Kazuki Takahashi menggambar Yu-Gi dan Bo- bobo untuk panel tersebut setelah manga-ka Bo- bobo Yoshio Sawaai dan Takahashi bertemu di pesta Shonen Jump.

4. EIN, ZWEI, DAEI

Waktu awal dibuat, Cowboy Bebop the Movie tidak ada teroris yang bernama Vincent atau perang di puncak replica Tokyo Tower Mars. Para produser hanya ingin film ynag memfokuskan pada anjing bernama Ein yang menikmati liburan, sebagai pendamping yang lucu pada film yang serius itu.

5. GUN-DAMMED

Apa sebenarnya arti “Gundam”? sebelum serial TV orisinilnya pada tahun 1979, Sunrise ingin menamakannya “Gundom” gabungan “Gun” (=senjata) dan “freedom” (=kebebasan) yang mengacu pada judul serial itu, Gunboy. Penciptanya Yoshiyuki Tomino mengubahnya menjadi “Gundam” mengacu pada robot yang menghalau musuh seperti bendungan menghalau air.

6. SWEET BUSS

Sutradara Evangelion Hideaki Annomenikah dengan manga-ka Moyoco Anno, creator Sugar Sugar Rune.

7. DOG DAYS

Menurut sutradara serial itu, untuk merekam lolongan sedih Menchi di lagu penutup serial Excel Saga, seiyuu Saomi Korogi meringkuk di kedua siku dan lututnya dan mikroponnya direndahkan sampai lantai untuk mendapatkan suarannya.

8. MACROSSED WIRES

Serial yang cukup serius Macross membentuk dasar sejarah anime. Tetapi aslinya serial itu dibayangkan sebagai komedi di mana Captain Global—komandanm pesawat ruang angkasa SDF—adalah seorang wanita yang jatuh cinta pada komandan di pasukan alien.

9. TOTORO’S GRAVE

My Neighbor Totoro yang sangat emnarik dan Grave of the Fireflies yang luar biasa suram diliris bersamaan pada bulan April 1988. kamu pikir Totoro dimaksudkan untuk mengimbangi nadaa suram Grave, pada kenyataannya, Grave dipasangkan dengan Totoro karena Studio Ghibli cemas tak ada yang menyaksikan Totoro.

10. SCHOOL BULLY

Bagaiamna manga-ka Masamune Shirow menangkap sisi criminal dari karya-karyanya Ghost in the Shell, Appleseed dan Dominion? Mungkin karena dia mengajar di SMA beberapa tahun sebelum menjadi manga-ka.

11. REVOLUTIONARY IDEA

Darma Shoujo yang rumit Revolutionary Girl Utene dan Sailor Moon tidak saja memiliki sutradara yang sama, Kunihiko Ikuhara, tapi juga mempunyai kaitan yang lebih dalam. Ikuhara mengambil cerita dasar Utene mengenai organisasi mahasiswa misterius yang dikendalikan oleh “the end of the world” dari alur yang tidak dapat dimasukkan ke dalam Sailor Moon.

12. IN THE BEGINNING

Anime sebenarnya telah hampir 100 tahun usianya. Animasi Jepang pertama yang diketahui, baru saja ditemukan, berasal dari tahun 1907. Tetapi klip 3 detik tersebut tidak berisi samurai, robot raksasa, atau anak perempuan yang pandai menyihir, hanya anak laki-laki berpakaian pelaut menulis di papan tulis.

13. CG-AI

CG pertama di anime adalah sekuen helicopter mendarat di film Golgo 13 pertama, The Professional, di tahun 1983. film ini animasi CG-nya cukup sederhana.

14. INFAMOUS FIRST

Serial televisi tahun 1973 Cutie Honey memelopori fan service. Sementara OVA dari Gainax tahun 1988 berjudul Gunbuster adalah anime pertama yang menekankan tokoh wanita berdada besar.

15. FIRST IN LINE

Anime telah lama disukai pemirsa di Amerika, tetapi anime pertama yang di-dubbing dan secara resmi dirilis di Amerika adalah Shonen Sarutobi Sasuke, yang perkenalkan pertama kali di bioskop AS dengan judul Magic Boy pada 22 Juni 1961.

16. MANGA PAST

Seni komik telah menjadi bagian budaya Jepang selama berabad-abad, tetapi belum dikatakan manga sampai karya artis ukyo-e Hokusai dijilid dan dijual dalam bentuk buku dengan judul Hokusai Manga pada abd 19. Volume itu didefinisikan kata manga yang berarti “gambar coretan yang tidak biasa”

17. TOP SPIN

Anime pertama berdurasi panjang adalah Momotaro:Devine Warrior on the sea, suatu film propaganda Perang Dunia II, yang ditayangkan tahun 1942. film ini menceritakan kembali serangan Pearl Harbor dari perspektif pro-Jepang---dengan pemeran binatang.

18. WHO’S ON FIRST

Walau banyak yang mengira Astro Boy adalah anime pertama di televisi, anime pertama di Jepang adalah Three Stories, anime yang menceritakan tiga cerita rakyat Jepang, yang ditayangkan tahun 1960 di Jepang, Astro Boy pertama ditayangkan 1963.

19. START READING

Nakayoshi adalah majalah manga tertua yang etrus terbit sejak tahun 1954. Serial manga terbesar yang masih beredar adalah Golgo 13, yang mulai terbit tahun 1969 di majalah bulanan Big Comic dan semuanya berjumlah 139 volume…dan masih terbit.

20. POLICE BUSSINESS

Walaupun Golgo 13 terbit duluan, manga dengan volume terbanyak adalah Kochira Katsushita-ku Kameari Kouen-mae Hashutsu-jo (atau “Kochikame”) dengan 148 volume sejauh ini. Serial ini, dimulai di Shonen Jump tahun 1976, sangat popular hingga Tokyo mendirikan patung perunggu tokoh utamanya Ryotsu Kanichi di dekat taman Kaeari bulan Februari laluuntuk memperingati ulangtahun ke 30 manga tersebut.

21. QUICK RESULT

Kaze no Tani no Nausicaa (1984) memakan biaya kira-kira 1 juta dolar dan membutuhkan waktu pembuatan 9 bulan.

22. MS. MONEY BAGS

Melalui serial Ranma ½ Urusei Yatsure dan Rumiko Takahasi dengan Inu Yasha tidak saja telah jadi manga-ka top, tetapi juga wanita terkaya di Jepang dan pembayar pajak terbesar kedua di Jepang, menurut catatan pajak pemasukan nasional. Berdasarkan catatan pemerintah, ia membayar 142,7 juta yen di tahun pajak 2004.

23. BIG MONEY

Katsuhiro Otomo tahu cara membuat para eksekutif studio merasa tidak nyaman. Film punk sci-fi-nya, Akira, jadi anime termahal dengan anggaran 10 juta dolar di tahun 1988. Bagaimana mengalahkan itu? Membuat Steamboy di tahun 2004 dengan biaya 20 juta dolar.

24. PARADISE FOUND

Angka penjualan adalah indicator yang jelas, tapi yang membuktikan suatu anime benar-benar top di Jepang adalah toko khusus anime tersebut. Pernah ada took My Neighbor Totoro dan took One Piece, sementara took Gundam tersebar di seluruh Jepang. Toko yang paling khusus ke satu anime adalah Taisho Romando, kafe dan took di Akihabara yang didisain beraya kafe kayu di Jepang awal tahun 1900-an dengan tema Sakura Wars.

25. MODEL CITIZENS

Pada awal Maret 2005, Bandai memperkirakan telah menghasilkan lebih dari 370 juta model Gundam dalam seperempat abad terakhir—hampir tiga model bagi tiap laki, perempuan dan anak di Jepang.

26. SALARY MEN

Animator pemula di Jepang mulai dengan gaji bulanan kurang dari 1.200 dollar. Lumayan, sayangnya sebagian besar hidup di Tokyo, kota termahal di dunia

27. CLAMP DOWN

Tsubasa bukan anime pertama dimana para tokoh manga cewek dari serial CLAMP. Tahun 1994, CLAMP merilis video musikberdurasi 4 menit, buatan studio MadHouse, berjudul “CLAMP in wonderland” yang berisi tokoh dari Magic Knight Rayearth, X/1999, CLAMP School Detectives, dan bahkan penampilan Jota, karakter CLAMP yang diciptakan bagi komik Jojo yang memberikan penggemar bagi mereka, waktu mereka hanya artis doujinshi amatir.

28. RIP-OFF REPELLENT

Lupin the 3rd punya banyak nama selain Lupin. Di AS, Streamline Pictures menamakan pencuri trehormat ini “Wolf”(serigala) sesuai dengan terjemahan dua episode serialnya (berjudul Tales of the Wolf) sementara AnimEigo menamakannya “Rupan” pada rilis film The Fuma Conspiracy untuk menghindari pelanggaran hak cipta. Yang jadi ironi adalah creator Lupin the 3rd , Monkey Punch, mengatakan tokoh pencurinya adalah cucu dari pencuri ciptaan penulis Perancis Maurice LeBlanc dalam novel Lupin—tanpa meminta ijin. Tampaknya Jepang tidak peduli soal hak cipta.

29. KILLER GEEK

Di Jepang otaku sering dianggap penyendiri yang aneh dan ini semua karena pembunuh berantai Tsutomu Miayazaki (tidak ada hubungan dengan sutradara studio Ghibli). Setelah ia ditangkap pada tahun 1989. Tsutomu ternyata kolektor setia manga dan “otaku pembunuh” membuat masyarakat curiga pada kutu buku yang fanatic.

30. MUSIC TO OUR EARS

Yoko Kanno, maestro OST Cowboy Bebop, Escaflowne, dan Ghost in the Shell: Stand Alone Complex, tidak punya pendidikan formal di bidang musik. Sebenarnya ia mendaftar di perguruan tinggi untuk penulisan kreatif, tetapi mengundurkan diri setelah seminggu.

31. MUSHI KING

Semua tahu pencipta Astro Boy Osamu Tezuka sebagai dewa manga, tapi sedikit yang tahu Osamu Tezuka dalah sebenarnya nama aliasnya. Nama kecilnya sebenarnya adalah Osamu—hanya dieja dengan cara yang berbeda.

32. THE ACCIDENTAL GODDES

Manga-ka Kosuke Fujishima menciptakan komedi romatisnya yang sangat sukses, Ah! My Goddess secara tidak sengaja. Tokoh utamanya, Belldandy, sebenarnya digambar untuk promosi kontes majalah manga, tetapi respon fans mendorongnya menciptakan serial tersebut.

33. DELAYED GIANT ROBOT

Mobile Suit Gundam adalah salah satu anime terbesar saat ini, tetapi serial orisinilnya ditangguhkan setelah penayangannya pada tahun 1979 mendapat peringkat rendah.

34. CAT-NAPPED

Bayangkan dunia dimana Goku dari Dragon Ball dinamakan Zero, temannya Klirin dinamakan Bongo, dan pendeta kucing Karin dinamakan “Whiskers Kucing Ajaib”. Ini hampir terjadi saat Harmony Gold (pembuaat atau penjual Robotech), mencoba mendapatkan lisensi AS untuk Dragonn Ball pada tahun 1989. Harmony memasarkannya ke berbagai stasiun televisi, tapi tidak pernah ditayangkan dan FUNimation akhirnya mengambil lisensi itu.

35. MANGA INSPECTION

Beberapa manga-ka mulai mengerjakan pekerjaan kecil di serial televisi—dan bukan Cuma di Jepang. Manga-ka Kia Asamiya (Silent Mobulus, Nadesico) bekerja sebagai in-between – pembuat lembar seluloid di antara seluloid utama, yan menampilkan gerakan – di Inspectur Gadget yang kemudian disebutkan dalam manganya Seam Detective.

36. ROCKY START

Salah satu anime terbesar dalam 10 tahun terakhir nyaris tidak ditayangkan di Jepang. Karena isinya yang kasar, separuh dari episode Cowboy Bebop tidak pernah ditayangkan di televisi. Baru setelah diulang d saluran satlit WOWOW barulah Bebop mendapatkan penggemar.

37. FULLMETAL ALCHEMOOOO

Para penulis manga senang menggambarkan diri mereka sebagai binatang – penulis Ghost in the Shell Masamune Shirow menjadi gurita, sementara pencipta Erementar Gerad Mayumi Azuma menggunakan kelinci. Namun kebiasaan manga-ka Fullmetal Alchemist Hiromu Arakawa – yang menggambarkan dirinya sebagai seekor sapi – berakar sedikit lebih dalam, ia menghabiskan masa kecilnya di peternakan.

38. MAN OF A THOSSAND ANIME

Kalau kamu sudah melihat nama Hajime Yatate dalam credit atau daftar penghargaan di akhir film dari banyak karya Sunrise, dari Cowboy Bibop, Brain Powered, Mai-HIME hingga setiap serial dan film Gundam, sesungguhnya bukan karena ia gila kerja. Yatate itu nama alias yang diapkai kelompok penulis yang bekerja di studio itu.

39. RUROUNI TRIGUN

Manga-ka Rurouni Kenshin Nobuhiro Watsuki dan manga-ka Trigun Yasuhiro Nightow belum pernah berkolaborasi dalam membuat manga, tapi mereka menggabungkan bakat mereka dalam satu proyek; mendesain tokoh baru dalam video game Samurai Showdown V.

40. HELL OF A SWAP

Hellboy dan jagoan berambut jabrik dari Yu-Gi-Oh! Merupakan pasangan yang aneh, tetapi mereka merupakan subjek pertukaran seni yang datur oleh Shonen Jump Jepang, yang menerbitkan karya-karya kreatot Hellboy Mke Mignola dan penulis Yu-Gi-Oh! Kazuki Takahashi yang saling menggambarkan tokoh ciptaan lainnya.

41. TIME WARP

Sutradara Imagawa Yasuhiro menyukai perkelahian robot, seperti yang terlihat dalam serialnya Giant Robo dan G Gundam tapi ia juga penggemar The Rocky Horror Picture Show.

42. COUPLE OF COMPOSERS

Kedua pencipta music anime Yoko Kanno (Macross Plus, Cowboy Bebop) dan Hajime Mizoguchi (Jin-Roh) telah berkolaborasi dalam pembuatan music Esclaflowme dan anime lainnya, dengan alasan yang baik – mereka pasangan suami- istri.

43. A SPACE ODDITY

Sutradara Stanley Kubrick tidak hanya mendisain bagi 2001: A Space Odyssey begitu saja; inspirasinya dating dari serial Astro Boy! Waktu ia pertama kali melihat serial tersebut, Kubrick langsung mencoba menyewa Tezuka sebagai perancang produksi bagi film terkenal tersebut, tapi jadwal Tezuka tidak memungkinkannya.

44. FAMILY FEUD

Dua sutradara terbesar anime, Hayao Miyazaki dan Mamoru Oshii, sesungguhnya saingan lama. Mereka hampir memproduksi bersama sebuah film di pertengahan tahun 80-an berjudul Anchor, tapi proyek itu ditunda karena pertentangan kreativitas yang serius. Sekarang, kedua sutradara terpandang itu tetap tidak dapat bekerja sama – Miyazaki mengatakan karya Oshii membosankan, Oshii bilang karya Miayazaki terlalu dibuat-buat.

45. GET SCHOOLED

Dalam riset “Kid’s stories”nya Animatrix, sutradara Shinichiro Watanabe mengunjungi SMA Berkeley dan Alameda di California. Halaman sekolah menengah dia “Kid’s” adalah duplikat halaman SMA Alameda samapi ke tanda “Sekolah terkemuka di California.”

46. TURTLE POWER

Percaya atau tidak, bebrapa kartun Amerika diadaptasi ke dalam anime untuk pemirsa Jepang. Contoh yang paling terkenal adalah versi serial OVA dua episode hanya untuk Jepang pada tahun 1996 didasari pada Teenage Mutant Ninja Turtles; disain karakternya sama, tetapi sifat kura-kuranya sangat berbeda.

47. THE CAT’S MEOW

Suara yang paling etrkenal dari FLCL dari Gainax bukan salah satu tokoh utama. Miyu Miyu, yang disuarakan oleh sutradara Neon Genesis Evangelion Hideaki Anno, yang beristirahat sejenak dari pembuatan anime psiko-analitis untuk mengisi suara kucing Naota yang gendut dan pemarah.

48. YOU NAME IT

Nama-nama suatu anime sering memiliki suatu pola – para tokoh Evangelion diambil dari kapal-kapal perang Jepang (dan kapal induk amerika) pada Perang Dunia II; di Magic Knight Rayearth para tokoh dinamakan dari mobil Jepang; sementara hampir semua di Scrapped Princess memakai nama yang berkaitan dengan senjata api, seperti Winchester, Leopold, dan Casull. Tokoh-tokoh militer dalam Fullmetal Alchemist – Mustang, Fuery, Hawkeye dan lainnya – dinamakan berdasarkan pesawat militer pada PD II.

49. RAMBLING RONIN

Walau kebanyakan orang menerjemahkan bagian “Rurouni” dari Rurouni Kenshin hanya sebaga “pengelana”, kata itu tidak mempunyai arti yang sebenarnya. Kata itu diciptakan sepenuhnya (walaupun berasal dari kata asli Jepang Ronin) oleh manga-ka manga ini, Nobuhiro Watsuki.

50. THE INCREDIBLE JOURNEY

Novel Can abad 16 Journey to the West (yang juga dikenal sebagai Gensomaden Saiyuki) telah menjadi sumber bagi 18 serial anime dan film, termasuk Dragon Ball, Saiyuki, dan Alakazam the Great.

51. CAMEO HUNTER

Pemburu Vampir bernama D mungkin hanya punya dua film anime, tapi ia sebenarnya muncul di tiga anime. Periksa gambar keramaian percakapan awal Rao dan Reo di film Fist of the North Star tahun 1986, kamu akan melihat D berdiri dilator belakang. Ini lelucon sutradara Toyoo Ashida, yang menutradarai Fist of the North Star dan Vampire Hunter D.

52. BEHIND THE WHEEL

Sebagai pencipta manga dan anime yang menerobos tradisi, Cutey Honey, Go Nagai dapat suatu bagaian kecil dalam film live-action Cutey Honey di tahun 2004. ia muncul pada kursi pengendara dalam sebuah mobil yang digunakan Honey sebagai temapat pendaratan darurat.

53. SHIROW’S SHARING

Dunia-dunia yang terlihat dalam karya Masamune Shirow seperti Ghost in the Shell dan Dominion tampak saling berkaitan – minimal dengan peran-peran kecil, Anna dan Uni robot kucing antagonis dalam Dominion tampil menjual barang bekas Tachikoma dalam manga Ghost in the Shell pertama.

54. PROFESSIONAL OTAKU

Sutradara terkenal Luc nBesson adalah fans anime. Pada kenyataannya, dalam filnya The Fifth Element (yang banyak diinspirasi oleh anme), di lantai apartemen tokoh Korben Dallas dapat dilihat manga yang berjudul Adolf.

55. GO WEST, YOUNG MAN

Artis Hip-Hop Kanye West memasukkan acuan ke Lupin the 3 rd dalam lagunya “Touch the Sky”;”es, yes, yes guess who’s on the third? Atau Lupe Stealing like Lupin the Thrid.”

56. CHEWING GUM

Film Ridley Scott yang berjudul Blade Runner berjasa bagi OVA berjudul Bubblegum Crisis: keduanya menampilkan tokoh bernama Priss dan Leon, ada piramida teknologi yang besar dan band beranggotakan anak-anak perempuan bernama The Replicants.

57. AN ANIME YOU CAN’T REFUSE

Dalam adegan awal anime Tokyo Godfathers, Hana berdiri di depan toko – yang menampilkan poster dua film karya Satoshi Kon, Perfect Blue dan Millenium Actress.

58. WALL TO WALL

Tokoh utama wanita Gunbuster, Noriko Takaya, mempunyai poster Nausicaa di dinding kamarnya. Hideaki Anno sutradara Gunbuster, mengerjakan Nausicaa. Anno juga animator utama bagi bagi God Soldier di Nausicaa yang mirip dengan unit EVA dalam kaya Anno lainnya Evangelion.

59. PUNCH DRUNK

Kalau kamu perhatikan baik-baik kokpit penerbang Amerika Donald Curtis dalam petualangan di angkasanya Miyazaki berjudul Porco Rosso, kamu akan melihat symbol Monkey Punch, creator Lupin the 3rd dan salah satu teman lama Miyazaki.

60. UNEXPECTED PYTHON

Tokoh-tokoh dari serial tv Monty Python muncul di latar belakang Patlabor: The Mobile Police episode 44.

61. CUT IT OUT

Setelah tragedy Warrior of the Wind versi dubbing dari Nausicaa yang selama 22 menit dipotong, studio Ghibli menuntut agar Disney tidak mengedit satu frame pun dari filmnya – hingga titik dimana Tosho Suzuki, produsernya, mengirim pedang pada eksekutif Disney, Harvey Weinstein dengan sebuah catatan: “Jangan potong!”.

62. ROBOTIC REWARD

Astro Boy punya tujuh kekuatan hebat, tapi tokoh yang Cuma memakai celana dalam ini juga punya kekhasan sebaga satu-satunya tokoh anime robot yang diterima dalam Robot Hall of Fame-nya Carnegie Mellon University pada tahun 2004. Astro Boy diterima bersama dengan C-3PO-nya Star Wars dan Robby the Robot dari film Forbidden Planet.

63. UNDER THE INFLUENCE

Waspadalah para pemabuk; kecintaan Jepang akan bir tidak hanya pada mesin penjual bir di luar dan iklan bir Madonna. Bir Kirin mereka juga menghasilkan Franchise anime 22 tahun – dari seral anime pertama (Fairy Tale Manga Calender, 1962) hingga Kirin’s Masterpiece Romance theatre pertunjukan yang disponsori minuman yang tidak hanya cocok untuk anak-anak, tapi juga mendpat persetujuan para ibu bagi pendidikan, seperti dalam Kirin’s University of Knowledge: Manga Human History.

64. THAT’S JUST PRIME

Kreator Esclafowme, Shoji Kawamori tidak hanya mendisain pejuang legendaris Valkyrie dalam Macross, tapi ia juga berda dibalik ikon tahun 80-an lainnya. Sebelum meninggalkan permainan Diaclone-nya Takara, ia membuat draft permainan trasformasi dari Nisan Farlady Z dan truk konvoi. Desain-disain itu menjadi si kembar Prowl/Bluestreak dalam Transformer…dan pemimpin Autobot Optimus Prime.

65. ED GAMES

ed si hacker muda di Cowboy Bebop bisa dibilang eksentrik, tapi sifatnya didasari pada seorang yang nyata—komposer Bebop Yoko Kanno.

66. HOT STUFF

Serial OVA Gainax FLCL mungkin terlihat seperti mimpi, tetapi beberapa adegan berakar pada pengalaman nyata sutradara Kazuya Tsurumaki. Seperti Mamimi, anak sekolah yang maniak api, Tsurumaki mengakui bahwa ia dulu punya kebiasaan memulai kebakaran sewaktu masih kecil—walau ia tidak pernah sampai membakar sekolahnya.

67. ONE MAN, MANY VOICES

Captain Harlock, jagona icon ciptaan Leiji Matsumoto, telah dialihsuarakan oleh deretan pengalih suara paling banyak dibanding tokoh anime manapun—sedikitnya 12 aktor pengisi suara mengisi suara bajak laut angkasa legendaris itu.

68. RATINGS RECORD

Anime popular datang dan pergi, tapi catatan peringkat tertinggi bagi anime televisi masih dipegang anime Touch. Dengan cerita mengenai baseball, percintaan dan persaingan antar saudara, episode terakhir dari 101 episode anime ini mengikat 34 persen pemirsa televisi di seluruh Jepang selama prime-time—perolehan yang mencengangkan, mengingat kebanyakan acara anime tidak mencapai batas 10 persen.

69. STANDING TALL ~Robot terbesar dalam anime~

Jelas, kita suka robot raksasa yang bias meluncurkan bagian tubuh berkekuatan roket dan meninju asteroid keluar dari orbit, tapi yang terpenting dari mecha adalah lebih besr dan lebih mengerikan. Tapi mana yang paling tinggi dari semuanya? Spesifikasi robot terbesar di dunia anime adalah sebagai berikut:

1) SDF-1 (Macross) dengan tinggi 1220 meter

2) Gunbuster (Gunbuster) dengan tinggi 200 meter

3) Eva Unit 01 (Evangelion) dengan tinggi 80 meter

4) Voltron (Voltron) dengan tinggi 60 meter

5) Gundam RX-78 (Mobile Suit Gundam) dengan tinggi 18 meter

6) Mazinger (Mazinger) dengan tinggi 18 meter

70. SAYOUNARA, SIMPSONS

The Simsons tidak ada apa-apanya disbanding Sazae-san. Komedi sederhana mengenai petualangan sehari-hari keluarga yang mulai ditayangkan di Jepang tahun 1969 sampai sekarang. Lebih dari 1.700 episode, Sazae-san adalah serial terpanjang masa tayang dalam sejarah. Sebenarnya, Sazae-san berada di tempat kedua dibanding serial Doctor Who yang dimuali tahun 1963 (tapi tetap saja hanya serapuh dari seluruh episode Sazae-san).

71. SAY WHAT?

Gelar Dubbing Jepang teraktif jatuh pada Takehito Koyasu untuk 222 perannya, termasuk sebagai Touga Kinu di Revolutionary Girl Utena dan Lord Ilpallazo di Exel Saga. Aktris Dubbing tersibuk adalah Hayashibara Megumi (Faye Valentine dari Cowboy Bebop) dengan lebih dari 175 peran.

72. LEGENDARY LENGTH

Serial OVA terpanjang adalah opera ruang angkasa Legend of Galactic Heroes, dengan 183 episode, termasuk serial prakuel 52 episode dan perkuel satu kali pengamblan gambar. Serial ini umumnya dijual melalui langganan dengan surat.

73. PAPERS TRAIL

Osamu Tezuka mungkin creator manga paling sibuk, dengan mengerjakan 500 volume dan 150.000 halaman manga.

74. FILM DUMP

Kalau kamu piker terlalu banyak film pra-sejarah, pikirkan lagi; icon budaya Jepang yang mat sangat populerDoraemon telah muncul dalam 33 film sejak Doraemon:Nobita’s Dinosaur yang diperkenalkan tahun 1980 dan itu tanpa memperhitungkan episode TV atau banyak acara special Doraemon.

75. PIECE OF THE ACTION

Manga edisi pertama yang terlaris di Jepang adalah manga One Piece volume 24. lebih dari 2,52 juta volume terjual, yang berarti kira-kira satu dari 28 orang di Jepang punya 1 volume. Volume itu berisi awal alur baru, tepat setelah akhir alur Skypeia, dimana kru Straw-Hat pergi ke pulau di langit.

76. GREAT ASSIST

Tiga manga-ka terbesar sepanjang masa saling berhubungan. Banyak manga-ka memakai asisten dan hal itu merupakan cara yang hebat bagi bakat-bakat muda memasuki ajang bisnis. Osamu tezuka (Astro Boy) menerima Shotaro Ishinomori (Cyborg 009, Kikaider) sebagai asisten dan Ishinomori kemudian menerima Go Nagai muda (Maznger, Cutie Honey) di studionya.

77. CAT FOOD

Doraemon, muncul dalam ribuan tempat di Jepang. Ai begitu popular samapi ia jadi mascot bagi Coco’s—Franchise restoran—di Jepang dan muncul di seluruh perabotan di restoran itu.

78. FILED UNDER X

Bila menyidik Hubb dan ilmuan Cher dalam Wolf’s Rain tampak akrab bagi penggemar suspense, itu tidak aneh. Desainer karakter Wolf’s Rain Toshiro Kawamoto terinspirasi pada agen Mulder dan Scully dari The X-File.

79. CHEAP REAL ESTATE

Robot raksasa yang paling kuat di seluruh anime? Puaskan pandanganmu pada serial TV tahun 1980 Space Runaway Ideon. Temuan yang benar-benar brutal dari otak dibelakang Gundam Yoshiyuki Tomino, Ideon dapat membelah planet, bahkan mengahncurkan alam semesta.

80. POWER COUPLE

Bila membicarakan pasangan yang paling berkuasa dalam industri manga, sulit mengalahkan Nakao Takeuchi (Sailor Moon) dan Yoshihiro Tagashi (kerator Hunter X Hunter dan Yu Yu Hakusho). Pembawa acar pada pernikahan mereka tahun 1999, tentu saja, suara-suara jagoan terkenal mereka: Kotono Mitsuishi (Usagi : Sailor Moon) dan Nozomu Sasaki (Yusuke : Yu Yu Hakusho). Juga hadir aktris keempat tokoh Sailor Moon lainnya.

81. WARNING SIGN

Dalam usaha memperluas daya tarik film pertama Ghost in the Shell sewaktu diliris di AS, para produsernya membeli lagu dari The Passengers (band separuh rahasia yang dibentuk oleh U2 dan Brian Eno di pertengahan tahun 90-an) yang berjudul “One-minute Warning” yang dimainkan di akhir film. Walau lagu itu tidak muncul di CD OST Ghost in the Shell tetapi ada di CD band tersebut yang berjudul Passengers:Original Soundtracks 1.

82. KILLER ANIME

Setiap episode Sazae-san tadinya diakhiri adegan Sazae-san, ibu dan istrinya, melempar kacang dan menelannya di uadra—sampai seorang anak kelas 6 menirunya dan tersedak kacang hingga meninggal pada tahun 1990. Fuji TV menggantikan adegan itu.

83. LUM SQUARED

Tokoh Lum dari Urusei Yatsura terinspirasi penampilan dan mana oleh Agnes Lum, model Cina-Amerika dari Hawaii yang jadi model berbikini pertama di Jepang.

84. TOO MANY OTAKU!

Pasar Comic Jepang—sering disebut Comicet—merupakan pertemuan komik terbesar di dunia, menarik lebih daro 500.000 fans manga dan anime. Pertemuan ini diadakan dua kali setahun, Agustus dan September. Comicet pertama hanya menarik 70 peserta saat diadakan di tahun 1976.

85. WORTH THE WAIT

Untuk merayakan volume ke 100 juta dari manga Slam Dunk yang terjual pada tahun 2004, penulis Takahiko Inoue menawarkan menggambarkan sketsa tokoh-tokoh secara gratis selama 3 hari berturut-turut. Walau manga tersebut telah tamat delapan tahun sebelumnya, lebih dari 5.000 fans dating dan banyak yang sia-sia mengantri.

86. TO BOLDY BOP

Semua ingat Faye Valentine dibekukan dalam Cowboy Bebop. Apa yang mungkin tidak diketahui banyak orang adalah kapsul tersebut bertanda NCC-1701-B yang mungkin dikenal sebagai nomor pesawat angkasa Star Trek, Enterprise.

87. VALLEY OF THE BANNED

Miyazaki tidak merinding saat menggambarkan musibah yang menciptakan dunia Kaze no Tani no Nausicaa dan adegan-adegan film itu mengenai kehancuran bumi membuatnya dilarang di Jerman dan di Eropa Timur langsung dilarang pada waktu pertama diliris pada tahun 1980-an.

88. A GREAT STUDIO

Nama studio Gainax berasal dari dialek bahasa Jepang “gaina” yang berarti “besar”.

89. THE BODY

Dalam Fullmetal Alchemist, Ayah Ed Elric, Hohenheim didasari pada seseorang yang nyata. Theophratus von Hohenheim dilahirkan tahun 1493 dan berkeliling dunia untuk mempelajari alkimia dan ilmu pengobatan lanjut (yang waktu itu menyatakan luka cenderung akan sembuh dengan menjaganya dari infeksi, bertentangan dengan gagasan umum saat itu bahwa harus menuangkan minyak panas ke luka). Karena minatnya akan tubuh manusia ia dikatakan telah mencoba menciptakan homunculi.

90. ALL’S FAIR

Osamu Tezuka, kretor Astro Boy, pernah bertemu dengan Walt Disney di World’s Fair tahun 1964—dimana ia meminta dan mendapatkan hak menciptakan manga Bambi untuk Jepang.

91. TIE-IN TROUBLE

Sosis Sailor Moon resmi benar-benar ada. Tahun 1993, saat puncak popularitas Sailor Moon di Jepang, perusahaan Nissui memanfaatkan ini dengan memasarkan sosis daging ikan dengan stiker Sailor Moon dan menciptakan iklannya juga.

92. ROBO PROTOTYPES

Apakah robot dalam krya Hayao Miyazaki Castle in the Sky dan tokoh utama wanita dari Kaze no Tani no Nausicaa tampak seperti kamu kenal? Begitulah yang terjadi pada para penggemar serial Lupin the 3rd kedua krya Hayao Miyazaki di tahun 1971, di mana Lupin menghabiskan episode terakhir mengejar buronan mati bagi mesin terbang bertungkai panjang Castle sekaligus pilot yang sangat mirip Nausicaa.

93. SAVE THE FOREST

Bola-bola bulu yang tersenyum berlangkah berat dalam karya Hayao Miyazaki My Neighbor Totoro mungkin bukan benda yang nyata, tapi mereka tetap menguasai suatu hutan. Mereka mascot Home Nation Trust Movement Totoro, yang bertujuan melestarikan hutan-hutan di bukit Sayama, Jepang~latar film itu.

94. BEAUTY AND THE BEAST

Princess Momonoke awalnya bukan kisah mengenai pangeran yang etrjepit dalam perang antara manusia dan makhluk hutan. Sebelum Hayao Miyazaki mendirikan Studio Ghibli, ia membuat film itu sebagai cerita ringan mengenai gadis yang dipaksa untuk menikashi monster hutan “Momonoke”. Disain monster itu kemudian menjadi dasar bagi binatang My Neighbor Totoro.

95. FIGHT THE MAN

Hayao Miyazaki tidak selalu jadi raja animasi Jepang. Pada tahun 1964, saat jadi animator bagi Toei Animation, Miyazaki mengorganisir demo buruh animator untuk kenaikan pendapatan.

96. FLYING SOLO

Sutradara Hayao Miyazaki punya kekhasan dalam seluruh filmnya, tapi hanya ada satu karyanya yang tidak menampilkan adegan terbang: Princess Momonoke. Film lainnya jadi ajang pameran ketertarikan.

97. SIGN OF THE TIMES

Hingga kini, Miyazaki tidak menggunakan karya digital dalam filmnya yang dianimasi seacra tradisional, tetapi ia harus mengikuti perubahan zaman; Howl’s moving castle menggunakan 198 CG, secara kasar ini dua kali lebih banyak daripada yang digunakan dalam kaya terdahulunya Spirited Away.

98. ITALIAN JOB

Nama asli Proco Rosso adalah Marco Paggot, yang kebetulan nama animator teman dekat Miyazaki, yang kerja bersama orang itu waktu karir Miyazaki baru mulai.

99. PORK FUTURE

Ada dua Cameo bagi film-film Ghibli lainnya daam Whisper of the Heart jam lantai besar yang dibuat oleh “Porco Rosso”, nama film Miyazaki lainnya dan ruangan Shizuku menampilkan sebuah boneka Kiki dari Kiki’s Delivery Servise.

100. NO SLACKER

Dari 144.000 gambar Princess Momonoke, Miyazaki sendiri memberikan sentuhan ukang dan memperbaki kira-kira 80.000

101. GHIBLI GAMES

Kenapa tidak ada video game yang didasari pada film studio Ghibli? Menurut ceritanya, dua game komputer Jepang tahun 80-an di dasari pada kaya Kaze no Tani no Nausica sempat dibuat, tapi penyelewengan dari tema alam film ini membuat Miyazaki sangat kesal sehingga ia menolak filmnya dijadikan game.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar